10 Kebiasaan Buruk Remaja Ketika Bulan Puasa

By | 25 April 2020
Berpacaran dan Berduaan Ketika Siang dan Malam Hari

Assalamu’alaikum sahabat bhibin.com! bulan puasa merupakan bulan yang penuh kemuliaan, rahmat dan keberkahan. Pada dasarnya puasa merupakan perintah Tuhan untuk seorang muslim yang sudah baligh dan ber-akal. Puasa tidak hanya menahan haus dan lapar, namun juga menahan segala nafsu dan hal buruk yang harus kita tinggalkan.

Setiap insan dipastikan memiliki kebiasaan buruk dan jelek yang sering dilakukan. Khususnya para remaja yang masih kurang bisa mengkontrol diri untuk menahan hal tersebut, baik dibulan biasa maupun ketika bulan romadhon.

Kali ini kami kami merangkum 10 kebiasaan buruk remaja ketika bulan puasa yang sering dilakukan ketika malam maupun siang hari saat menjalankan puasa. Berikut kebiasaan yang mereka lakukan :

1. Onani atau Masturbasi

Nah! ini biasa yang sering di lakukan remaja yang belum menikah. Onani atau masturbasi merupakan kegiatan mencari kepuasan diri yang buruk, selain dilarang oleh agama, onani juga tidak bagus untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Oleh sebab itu, sering-seringlah melakukan kegiatan yang positif agar bisa mengurangi dan menghilangkan kebiasaan tersebut.

Onani atau Masturbasi Ketika Bulan Puasa
Onani atau Masturbasi Ketika Bulan Puasa

Para remaja melakukannya di malam hari, sebelum sahur bahkan ada yang melakukannya ketika siang hari padahal masih menjalankan puasa. Hal tersebut bisa membatalkan puasa looh sobat, jadi jangan melakukannya disinga hari. Ayook tinggalkan segera kebiasaan tersebut di bulan puasa kali ini yaaa dan jangan melakukannya lagi sampai kita menikah.

2. Bermain Game Hingga Lupa

Kebiasaan yang kedua oleh para remaja adalah bermain game online hingga lupa waktu untuk kerja, waktu untuk istirahat, waktu untuk bersosial dan waktu untuk beribadah juga. Hal tersebut merupakan kegiatan buruk untuk kita jiga bermain game sampai melupakan segalanya. Entah itu di malam hari maupun siang hari, waktu libur para remaja lebih asyik bermain game ketimbang bersih-bersih rumah, mencuci dan melakukan kegiatan rumah lainnya.

Bermain Game Hingga Lupa Waktu Ketika Puasa
Bermain Game Hingga Lupa Waktu Ketika Puasa

Bermain game memang bisa menjadi menghibur diri dan salah satu kegiatan positif untuk menghilangkan kesuntkan. Namun jiga hal tersebut dilakukan berlebihan menjadi hal buruh, karena Agama Islam pun melarang untuk melakukan kebiasaan yang berlebihan dan melalaikan waktu untuk beribadah. Untuk memperbaiki kebiasaan tersebut, cobalah untuk memaksakan diri dengan mengatur waktu anda bermain game sehari berpa jam dan diwaktu yang tepat.

3. Tidur Setelah Sahur

Naaah! ini dia kegiatan yang gak hanya para remaja sih melakukan, tapi orang dewasa kadang juga melakukannya. Yups! Tidur setelah sahur merupakan yang ternikmat, hehe. Mungkin ya ketika kita bersantai sehabis makan sahur tiba-tiba susana menjadi nyaman untuk tidur. Entah kenapa hal tersebut menjadi ujian terberat bagi seorang mukmin, hehe.

Tidur Setelah Sahur dan Lupa Subuh
Tidur Setelah Sahur dan Lupa Subuh

Tidur setelah sahur hingga lupa sholat subuh merupakan kegiatan buruk, ini sering dilakukan oleh para remaja. Saat saya remaja pun sering melakukan-nya, disebabkan karena munggkin begadang dan karenan memang tidur ternikmat pada saat itu. Namun, agama tidak menganjurkan har tersebut. Karena dampak buruk untuk kesehatan juga dampak buruj di masalah rejeki kita, tidur saat pagi mengakibatkan rejeki kita terhalang.

Agama menganjurkan untuk tidak tidur saat pagi setelah subuh, dan menganjurkan untuk membaca Al-Qur’am hususnya surah Alwaqi’ah dan amalan dzikir pagi hari yang telah di ajarkan sesuai sunnah Nabi. Cobalah untuk mulai sekarang memaksakan diri untuk tidak tidur dipagi hari. Jika memang kurang tidur karena kegiatan, cobalah untuk tidur setalah jam 8 atau waktu dhuha.

4. Tidur Seharian Penuh

Tidur merupakan salah satu yang baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit dan sehat, namun jika tidur secara berlebihan sangatlah tidak dianjurkan baik secara kesehatan, sosial dan agama. Apapun itu jika berlebihan memang tidak bagus untuk manusia dan lingkungan.

Seperti kegiatan yang satu ini, sering dilakukan oleh para remaja setelah malam hari bergadang bermain game maupun lainnya. Tidur seharian penuh mengakibatkan malah menjadi tubuh tidak baik, bisa menyebabkan pegel-pegel dan waktu di siang hari terbuang sia-sia.

Tidur Seharian Penuh Ketika Puasa
Tidur Seharian Penuh Ketika Puasa

Well, tidur merupakan ibadah karena bisa mengurangi kegiatan yang negatif. Namun jika seharian penuh dan malamnya begadang untuk kegitan sia-sia juga tidur kamu sia-sia. Jadi, mulailah mengatur waktu-mu untuk lebih bermanfaat dan jangan membiasakan diri untuk begadang di malam hari.

5. Makan dan Minum Bersembunyi

Apakah para sahabat Remaja bhibin.com masih seperti ini? jika iya, mari kita berfikir lebih panjang untuk apa diperintahkan berpuasa. Di rumah memang ikut makan sahur dan juga berbuka bersama keluarga. Tapi diluar rumah ketemu sama teman, malah makan dan minum di warung.

Makan dan Minum Bersembunyi Ketika Puasa
Makan dan Minum Bersembunyi Ketika Puasa

Dirumah dan di sekolah kelihatannya sih puasa, tapi ketika di tempat sepi makan dan minum dengan nikmatnya. Banyak sekali para remaja yang masih kurang jujur dengan diri sendiri, padahal puasa merupakan pelajaran penting untuk berlaku jujur untuk diri sendiri. Untuk mengurangi hal tersebut, cobalah untuk menahan diri dan memaksakan diri untuk selalu jujur diri sendiri dengan tidak makan dan minum saat puasa.

6. Berpacaran dan Berduaan

Meski bulan puasa masih banyak para remaja yang suka berpacaran dan berduan di tempat umum maupun tempat sepi. Izinnya sih acar buka bersama teman-teman sekolah, tapi malah jalan berdua bareng pacarnya. Padahal secara agama pacaran itukan dilarang, karena berduaan antara laki-laki dan perempuan yang ketiga itu adalah setan.

Berpacaran dan Berduaan Ketika Siang dan Malam Hari
Berpacaran dan Berduaan Ketika Siang dan Malam Hari

Masa remaja memang masa yang indah-indahnya memadu kasih dan bercanda dengan lawan jenis. Namun, hal tersebut tidaklah tepat karena belum ada ikatan pernikaha. Jadilah remaja yang produktif dengan melakukan kegiatan bermanfaat hingga kamu siap untuk menjalin ikatan suci yang bernama pernikahan.

7. Lebih Mementingkan Bukber

Kegiatan buka bersama teman-teman sekolah merupakan moment yang bisa menjalin kebersamaan dan persahabatan lebih erat. Namun, bagaimana jika acara bukber kita lebih penting ketimbang sholat maghrib dan sholat tarowih?.

Lebih Mementingkan Bukber Ketika Ramadhan
Lebih Mementingkan Bukber Ketika Ramadhan

Jika kamu mengikuti acar buka bersama di sekolah, diorganisasi dan dimanapun jagalah sholat maghribmu dan juga ajak temanmu untuk sholat terawih berjamaah di masjid terdekat di acara tersebut.

8. Nge-Gosipin Teman

Para remaja wanita dan juga ibu rumah tangga pun ngegosip menjadi kebiasaa yang tidak bisa di hindari bahkan ketika saat berpuasa. Kebiasaan buruk tersebut seakan tidak bisa di hilangkan oleh mereka. Meski tak berniat untuk membicarakan orang lain, namun ada beberapa celah yang akan hadir sehingga hasrat ngegosip-pun datang juga.

NgeGosipin Orang Bersama Teman Ketika Puasa
NgeGosipin Orang Bersama Teman Ketika Puasa

Tidak hanya nge-gosip secara visual, namun sekarang banyak media yang doyan membicarakan orang lain semakin banyak, misal Lambe Turah. Hehe.

Jika tidak bisa berhenti, setidaknya kurangilah kebiasaan tersebut? Waspada pada kecenderungan untuk ngegosip ini. Pasalnya, hal tersebut selalu menjerumus dan sangat sering terjadi sehingga sangat sulit untuk kita sadari.

9. Makan Berlebihan

Puasa merupakan ibadah yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, sepanjang mau mengatur pola makanan kamu. Saat puasa, ada yang memperbanyak makanan ketika sahur dengan alasan agar tidak kelaparan pada siang hari. Dan ketika berbuka, memakan semua menu sajian sebagai ajang untuk membalas dendam.

Makan Berlebihan Ketika Buka Puasa
Makan Berlebihan Ketika Buka Puasa

Ini merupakan kebiasaan yang buruk yang sering dilakukan karena tidak bisa mengontrol diri. Padahal kebiasaan ini sangat berpengaruh dengan sistem pencernaan pada tubuh kita. Selalu ingat bahwa kita berpuasa bukan untuk sekedar berlapar-lapar dan menjadi ajang balas dendam ketika berbuka. Bulan romadhon adalh bulan yang baik untuk evaluasi diri, perbaikan diri agar beribadah lebih bagus.

10. Meniggalkan Sholat Tarawih

Pada awal puasa 10 hari, keadaan mushola dan masjid akan rame dengan orang yang sedang menjalankan ibadah Shalat Tarawih dan tadarrus. Tapi hal ini akan berbeda di akhir puasa ketika menjelang lebaran. Mushola dan masjid hanya di isi oleh bebearapa orang yang khusuk dan serius untuk menjalankan ibadahnya, nampaknya banyak jamaah masjid yang pindah ke mall dan tempat belanja untuk persiapan hari Raya i’dul Fitri.

Meninggalkan Sholat Tarawih Ketika Bulan Romadhon
Meninggalkan Sholat Tarawih Ketika Bulan Romadhon

Para remaja pun lebih suka untuk mempersiakan baju lebarannya daripada sholat terawih. Dan ada juga yang sekedar nongkrong untuk melihat-lihat dan ngobrol tanpa arah dari pada ibadah di masjid. Oleh sebab itu, mari untuk menyiapkan kebutuhan lebaran ketika selesai terawih selesai.

Nah! itulah 10 kegiatan yang biasa di lakukan para remaja ketika bulan puasa. Walaupun masih banyak kegiatan yang sering dilakukan yang tidak saya tulis disini, tapi pada umumnya sepuluh kegiatan tersebut lebih sering dilakukan. Oleh sebab itu mari kita para remaja sama-sama saling memperbaiki diri sedikit demi sedikit untuk menjadi lebih baik.

Baca artiket dan informasi menarik hanya di bhibin.com, memberikan cerita-cerita bermanfaat dan tutorial yang bagus untuk menambah wawasan kalian lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *