Membuat Kabel LAN / UTP Untuk Jaringan Local & Internet

Pengertian dasar dari kabel LAN (Local Area Network) adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan satu peragkat dengan perangkat lain dalam area ruang terbatas seperti dirumah, perkantoran, laboratorium dan lainnya. Dalam penggunaannya memakai kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yaitu sebuah kabel yang cukup rumit model konduktornya, digunakan sebagai pelindung dari gangguan gelombang elektromagnetic dari luar. Bagaimana cara membuat kabel LAN ? Bisakah kita membuat sendiri? Yuk simak lebih lanjut kebawah.

Fungsi & Manfaat Menggunakan Kabel LAN

Dalam konteks pembahasan kali ini saya menjelaskan tentang pembuatan kabel LAN untuk perangkat komputer yang bisa kita hubungkan dengan perangkat lainnya seperti komputer, laptop, router, printer, proyektor dan lainnya. Kenapa memerlukan kabel LAN / UTP untuk menghubungkan berbagai perangkat?. Oke, untuk penjelasan lebih lanjut saya akan memaparkan fungsi dari kabel tersebut dan cara pembuatannya mulai dari manfaat yang kita dapatkan, alat yang kita butuhkan dan pemasangannya.

1. Bisa menghubungkan antara Modem, Router, Switch & Hub

Ketika pembangunan jaringan local dalam suatu perkantoran, kita pastinya akan mempertimbangkan tata letak perangkat, kecepatan akses data dan kebutuhan lainnya. Seperti modem untuk terkoneksi dengan provider internet, router untuk pemecah akses internet kabel dan nirkabel, switch sebagai repeater penguat sinyal antar jaringan dan hub sebagai tambahan untuk penghubung antar jaringan.

Ke-empat perangkat ini tidak bisa saling terhubung tanpa adanya kabel LAN yang memiliki karakteristik berbeda-beda yang akan saya jelaskan dibagian tipe-tipe dari kabel LAN dibawah nanti.

2. Dapat menghubungkan komputer dengan Switch Router (Internet)

Penggunaan internet saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting baik untuk perkantoran maupun dirumah. Wifi atau wireles (nirekabel) saat ini memang menjadi kemudahan menyambungkat perangkat dengan internet. Namun jarak dan kesetabilan penggunaan wireles juga harus kita perhitungkan jika digunakan untuk mentransfer data yang cukup besar.

Dengan menggunakan kabel LAN menghubungkan komputer dengan router dapat menjamin kesetabilan jaringan internetmu dan kecepatan yang akan mempermudah anda dalam mengambil dan mentranfer data.

3. Mampu menghubungkan komputer dengan komputer untuk Berbagi & Akses Data

Pernahkan anda melakukan copy, edited & delete data tanpa menggunakan perangkat eksternal seperti USB atau HDD External ?. Pernahkan anda melihat data komputer lain lewat komputer anda yang sedang anda pakai?. Nah, kedua aktifitas itu biasanya menghubungkan antar komputer menggunakan kabel LAN.

Salah satu manfaat besar dari penggunakan kabel utp ini kamu bisa menyambungkan satu komputer di ruang tertentu dengan komputer lain di beda ruang yang jauh hingga puluhan meter dengan stabil.

Ketika sudah setting komputer ke mode turn on network dicovery dan sudah set data sharing / disk sharing kita sudah bisa mengakses data dari komputer lain yang sudah di set juga. Kita bisa mengedit file yang ada di komputer lain tanpa duplicate telebih dahulu.

Selain itu kita bisa meremote komputer lain dari satu jaringan tanpa adanya internet melalu Remote Dekstop Manager. Kita juga bisa melakukan chating antar user komputer menggunakan aplikasi chating gratis seperti winchat.exe, MsgPopup, Softros lan messenger dan Outlook LAN Messenger.

4. Kita Bisa Berbagi Device dalam satu Jaringan LAN

Dengan kabel lan tersebut kita juga dapat menghubungkan komputer dengan device yang terpasang. Misal ada satu printer di dalam kantor di ruang / meja teman, dengan topologi jaringan melalui kabel kita bisa menggunakannya dari komputer kita. Satu printer bisa digunakan untuk banyak komputer jika terhubung satu sama lain.

Cara Membuat Kabel LAN Untuk Jaringan Local & Internet

Sebelum melangkah lebih jauh, pembahasan tepenting yang harus anda fahami adalah mengenai tipe dari kabel LAN. Karena dari masing-masing tipe memiliki perbedaan karakter penting, mulai dari cara pemasangan RJ45, fungsi tipe kabel dan cara menghubungkan.

Macam-macam Tipe dari Kabel LAN Untuk Jaringan

Kabel jaringan memiliki 3 tipe yang berbeda karakter dan beda fungsi, yaitu kabel tipe Straight, kabel tipe Cross-over dan kabel tipe Roll-over. Namun yang sering kita gunakan adalah tipe straight dan tipe Cross.

1. Kabel LAN Tipe Straight – Throught

Kabel straight memiliki karakter pada ujung kabel UTP yang sama urutannya, yaitu putih “orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih cokelat – cokelat”.

Fungsi dari kabel jenis straight adalah digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang berbeda jenis seperti menghubungkan router dengan switch / hub, menghubungkan switch dengan komputer dan lainnya.

Gambaran Kabel LAN Tipe Straight
Gambaran Kabel LAN Tipe Straight

2. Kabel LAN Tipe Cross – Over

Kabel cross memiliki karakter pada ujungnya berbeda, antara satu ujung konektor 1 dengan konektor 2 yang berbeda. Karakter ujung konektor 1 yaitu “putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih cokelat – cokelat”. Sedangkan ujung konektor 2 yaitu “putih hijau – hijau – putih orange – biru – putih biru – orange – putih cokelat – cokelat”.

Fungsi dari kabel bertipe cross adalah digunakan untuk menghubungkan antar perangkat yang berjenis sama. Seperti menghubungkan router dengan router, menghubungkan whitch/hub dengan swhitch/hub, menghubungkan komputer dengan komputer dll.

Gambaran Kabel LAN Tipe Cross
Gambaran Kabel LAN Tipe Cross

3. Kabel LAN Tipe Roll – Over

Kabel roll memiliki karakter yang terbalik antara ujung konektor 1 dengan konektor 2. Karakter ujung konektor 1 yaitu “putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih cokelat – cokelat”. Sedangkan konektor 2 yaitu “cokelat – putih cokelat – hijau – putih biru – biru – putih hijau – orange – putih orange”.

Fungsi dari kabel berjenis Roll adalah digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan peragkat eksternal. seperti menghubungkan switch dengan printer, menghubungkan switch dengan proyektor dll.

Gambaran Kabel LAN Tipe Roll
Gambaran Kabel LAN Tipe Roll

Alat & Perlengkapan Yang Dibutuhkan Membuat Kabel LAN

Untuk membuat kabel jaringan ada 3 perlengkapan dan alat yang harus kita gunakan dan 2 alat yang bersifat optional. Berikut 5 perlengkapan untuk membuat kabel LAN :

  1. Kabel UTP (Panjang sesuai dengan kebutuhan)
  2. Konektor (Tipe RJ-45)
  3. Crimping Tools
  4. LAN Tester (Optional)
  5. Gunting atau Cutter (Optional)

Tips Membuat Kabel LAN Straight & Cross Sendiri

Setelah anda menyediakan alat dan perlengkapannya selanjutnya saya membeikan tips dan langkah-langkah untuk membuatnya. Hal yang paling penting adalah anda sudah mengetahui tipe, karakter dan fungsi dari kabel yang ingin kamu buat, apkah menggunakan tipe straight atau cross.

  1. Siapkan kabel UTP sesuai dengan panjang yang anda butuhkan dan sisakan sedikit untuk memberi space pada connector.
  2. Kemudian potong / kuliti ujung sepanjang connector lebih sedikit menggunakan crimping atau gunting, lakukan dengan hati-hati agar tidak terkena kabel dalamnya.
  3. Urut ujung kabel dalam UTP yang sudah terkuliti tersebut supaya lurus dan tidak kaku.
  4. Kemudian lepas satu persatu 8 kabel dalam UTP dan urutkan sesuai dengan warna dari jenis kabel yang ingin anda buat.
  5. Setelah anda urutkan sesuai warna, potong / ratakan ujung dari 8 kabel UTP tersebut menggunakan crimping tools sesuai ukuran konnector.
  6. Seteleah selesai meratakan kabel, masukkan kabel utp tersebut kedalam RJ-45 Connector.
  7. Tekan kabel tersebut kedalam RJ-45 Connector sehingga ujungnya sampai ke ujung connector.
  8. Kemudin jepit konektor menggunakan crimping, lakukan dengan kuat agar kuningan dari konnektor bisa menjepit kabel UTP tersebut.
  9. Jika sudah, anda suda selesai menyelesaikan 1 konektor. Selanjutnya lakukan hal sama pada ujung satunya sesuai dengan uutan diatas.
  10. Juka sudah selesai, lakukan pengetesan menggunakan alat tester LAN. Untuk selengkapnya silahkan lihat video dibawah.

Video Lengkap Cara Membuat Kabel LAN Straight Untuk Jaringan

Video Tutorial membuat kabel LAN jenis Straight dan Cross

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *